Jumat, 04 Maret 2016

Review: I'm not stupid too

Akhir2 ini atau bisa di bilang beberapa bulan kebelakang gue sama temen gue lagi jadi movie mania. Genre2 yang biasa kita tonton kalo ga romance alias baper,gore kalo engga horor.  Kita cari yang gampang aja,wifi sekolah atau minta copy in ke yang mau ngopyin hahaha=))
Sehubungan gue sama temen2 gue suka sama J-culture jadi biasanya kita nonton film2 jepang. Ya kalo ga dramanya,live actionnya atau ga anime2nya^_^
Sistem yang kita gunakan adalah sistem copy paste. Pertama-tama salah satu temen gue yang minta copy in ke temen yang lain,lalu dia copy in lagi ke gue, lalu copyin lagi ke yang lain=)) Terus aja gitu sampe boruto jadi hokage:v
Ya walau ga nonton bareng seenggaknya kita bisa cerita bareng ntar nya=)) wkwkw.

Hari jumat 2 minggu yang lalu gue di copyin film sama temen gue,kali ini film yang dia kasih,dia dapet dari mantannya.
(Mantan?iya mantan:v).
Judul filmnya "i'm not stupid too". Gue pikir ini drama jepang tapi ternyata bukan. Film ini pake bahasa mandarin alias cina. Ya kanjinya hampir mirip sama jepang sih:v
Pulang sekolah gue ganti baju makan siang lalu nyalain laptop. Gue nonton dari pukul 2 siang sampe pukul 4 sore kurang.
Poster filmnya bisa liat di bawah yaaa😊

Film ini di rilis tahun 2006 setelah sekuel pertamanya yaitu "i'm not stupid" tahun 2002. Film yang di sutradarai oleh Jack Neo ini mengusung tema pendidikan(menurut gue sih gitu) menceritakan kesenjangan komunikasi antara orang tua dan anak.
Tom(15thn) dan jerry(8thn) (tokoh utama) adalah anak dari pasangan Mr.Yeo dan Mrs.Yeo yang mengalami kurang komunikasi dengan orang tua mereka. Orang tua yang sibuk bekerja membuat Tom dan Jerry kurang mendapatkan perhatian,dukungan dan kasih sayang dari orang tua mereka. Ketika ada kesempatan bertemu dengan kedua orang tuanya,Tom dan Jerry hanya mendapatkan omelan dan ocehan orang tuanya.
  Selain Tom dan Jerry,ada juga Chengcai. Chengcai adalah teman satu kelas Tom yang bernasib sama dengan Tom dan Jerry. Chengcai selalu di pukuli,dimarahi oleh ayahnya. Di sekolah pun Chengcai tidak pernah mendapatkan dukungan dari gurunya.
Pak Fu adalah guru bahasa cina di sekolah Tom dan Chengcai,beliau selalu menganggap murid2nya "apel busuk" gak berguna,sampai suatu hari Pak Fu di ajari oleh Pak Hao(guru olahraga) bahwa "temukan kuncinya,lihat bakatnya bukan kelemahannya".

Yaaaaaa...pokoknya kalo gue spoiler disini bakal 2 minggu kalian baca blog gue😩 Waktu gue nonton ni film bener2 ya air mata ga berhenti keluar sampe2 bantal yang gue peluk basah😭 sedih banget pas si Chengcai di pukulin ayahnya,Tom ga didukung dan di dengerin orang tuanya dan Jerry yang nekat mencuri demi membeli 1 jam waktu ayahnya buat nonton pertunjukannya di sekolah tapi malah dimarahin di tuduh duit curiannya buat beli kartu pokemon sama ayahnya kan jahaaaad anjir;(
Tangisan gue mulai memuncak pas bagian ayahnya Chengcai meninggal:"
Pas detik2 ayahnya mau meninggal biasa lah film, suka ada kata2 terakhirnya gitu:'v ayahnya bilang gini
"Aku dilahirkan di lingkungan yang keras,aku tidak mengerti bagaimana caranya mengungkapkan rasa sayang. I love you" pas bilang I love ke si Chengcai langsung dah tuh mmmmmm😂😂😂 mamam tuh air mata mamam😭😭😭 gue ga berhenti nangis anjay;( semakin gue paksa berhenti malah makin edan gera nangis nya;'( sedih siah gaes..

Ya emang ini film 10 tahun yang lalu._. Tapi konflik yang di angkat dalam film ini masih terus aja ada sampe sekarang. 10 tahun tjoooooy:v....
Dan gue adalah salah satunya. Bukan,bukan,bukan.. bukan soal gue kurang dapet perhatian atau kasih sayang dari orang tua.

Dukungan.. support.

Gue tau,setiap orang tua pasti dukung apapun yang di lakukan anaknya selagi itu positif. Gue juga ngerti sebenernya orang tua gue dukung apapun yang gue mau lakuin tapi entah kenapa gue ngerasa itu hanya ada dalam mulut mereka gengs:v
Jadi seolah olah memberi harapan tapi sebenernya harapan itu ga pernah ada.😄
Hampir aja, untung baru hampir.. gue hampir ga berani lagi buat bermimpi,gara2 percuma aja gitu gue punya mimpi,orang tua gue supportnya angin2an mah sama aja boong😄 i'm scary to dreaming again.
Tapi karna hidup "without dream" itu bukan gue banget jadi gue tetep lanjutin mimpi gue apapun dan gimanapun caranya. Ya walau masih belum dapet dukungan REAL dari orang tua gue 😄

Menurut gue,film ini cocok di tonton oleh para orang tua gaes.. karna menurut gue sesungguhnya film ini emang disampaikan untuk para orang tua(?)(sepenuhnya). Bagaimana mereka belajar mendengarkan anaknya,tidak selalu melihat kesalahan dan kekurangan anaknya,orang tua dan anak sama2 manusia loh so orang tua ga selamanya benar. Dan yang paling penting adalah "ingat kuncinya,dukung apa yang menjadi bakat anak,bukan malah dukung apa yang ga di suka sama anak. kunci itu penting" 😉
Filosofi apel busuk disini juga cukup bagus kalo kata gue. Apel yang busuk bukan berarti ga bisa dimakan,tinggal buang aja yang busuknya ambil atau makan bagian yang ga busuknya. Sama kaya seorang anak,buang sikap buruknya dan cobalah lihat sisi baiknya.

Pokoknya banyak banget pelajaran yang bisa di ambil dari film ini.. kalian harus nonton dan di jamin pasti deh kalian nangis. Kalo ga nangis.....😒😒 ga punya hati!😒  gak ketang,kalo ga nangis berarti kalian nonton nya ga di hayati😛
Yang ingin gue sampaikan adalah...
"Jangan ragu untuk memuji seseorang,apa salahnya memuji kemampuan seseorang?manusia butuh dukungan,tunjukkanlah mulai dari kata yang paling sederhana sekalipun."
sebenernya itu quotes sari filmnya sih xixixi XD.
Ini ada sangkut pautnya sama postingan gue minggu kemarin dan sehubungan gue ini jurusan IPS jadi bisa di bilang yaaaa bisa melihat peristiwa sosial yang terjadi di masyarakat khususnya di lingkungan anak sekolah;)
Amanat yang disampaikan oleh film itu gue rasa gue tangkep cukup baik. Pertama,emang gaada salahnya sesekali kita memuji seseorang(sesekali yaaa) toh kita sendiri bukan manusia yang sempurna kan??
Kedua,cobalah jangan meremehkan seseorang. Sorry ya sekampungan atau sekuno apapun mereka atau segakberguna apapun mereka kadang merekalah yang mampu bersikap lebih dewasa di banding kalian yang hanya bisa judge dan melihat kelemahan orang tersebut(menurut gue sih gitu).
Dan terakhir gue harap konflik yang di angkat oleh film ini udah gak ada di masyarakat.
Ini film/konflik 10 tahun yang lalu,kalo sampai sekarang konflik ini masih ada,apa bedanya sekarang dengan 10 tahun yang lalu???

@kristinawidia_

I T I N G

Tidak ada komentar:

Posting Komentar